Bayi berkulit sensitif memang butuh perawatan yang ekstra jika dibandingkan dengan bayi normal. Makanya, ketika akan beli perlengkapan bayi, perlu diperhatikan beberapa hal supaya produk yang dibeli tidak membuat kondisi kulit bayi semakin sensitif bahkan meradang.

 

Buat para orang tua, sebenarnya sudah bisa mengetahui sejak si bayi lahir apakah dia mengalami kulit sensitif atau tidak. Bahkan dokter juga akan memberikan informasi tersebut, supaya orang tua bisa lebih aware dalam menggunakan produk-produk untuk bayi mereka.

 

Pastikan Beli Perlengkapan Bayi Kategori Ini Agar Kulit Sensitif Tidak Tambah Parah

Membeli pakaian hingga alat bersih-bersih bayi berkulit sensitif, perlu memastikan beberapa hal berikut. Paling tidak, memilih produk berikut akan meminimalisir rangsangan pada kulit sensitif buah hati Anda. Baik itu kemerahan, gatal, hingga ruam yang menyebabkan si bayi rewel.

 

  • Pakaian

Ketika Anda mau membeli pakaian bayi di toko yang jual pakaian bayi dan anak, pastikan terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat sehingga permukaan kulit bayi akan tetap kering.

 

Selain itu, beli pakaian dengan ukuran yang lebih besar dari postur tubuh bayi saat ini supaya dia bebas bergerak dan tidak menimbulkan bekas pada kulit.

 

Hal yang juga tak boleh diabaikan adalah, memastikan jenis baju sesuai dengan cuaca di lokasi tempat tinggal. Ketika cuaca panas maka pilih pakaian yang nyaman seperti baju kaos dan celana pendek. Sedangkan di daerah dingin, Anda bisa pilih baju dengan bahan lembut dan cenderung tebal.

 

  • Bedak

Hindari membeli bedak dengan kandungan pati jagung atau talk, karena bisa memicu iritasi pada kulit bayi. Termasuk juga merangsang alergi hingga masalah pernafasan. Ada baiknya, memilih produk yang aman untuk anak dengan kulit sensitif karena kandungannya dipastikan aman dan tidak memicu timbulnya iritasi.

 

  • Perlengkapan Mandi

Sama halnya dengan bedak, untuk perlengkapan mandi bayi kesayangan sebaiknya memilih produk dengan label untuk kulit sensitif. Kandungannya lebih aman dan nyaman di kulit bayi, baik itu sabun mandi, shampo, maupun minyak telon yang diaplikasikan usai mandi.

 

  • Diaper

Untuk bayi yang baru lahir dianjurkan untuk membeli produk diaper dari kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali. Hal ini, akan meminimalisir alergi pada kulit jika dibandingkan pemakaian diaper sekali pakai.

 

Tapi, Anda juga perlu memastikan membeli produk deterjen yang aman untuk bayi berkulit sensitif. Jadi diaper yang sudah dicuci tidak memiliki permukaan kasar tapi halus dan aman untuk kulit.

 

  • Susu

Kulit sensitif bisa muncul akibat alergi jenis susu tertentu, Anda juga perlu memperhatikan jenis susu pendamping ASI yang akan dipakai. Kalau si bayi di diagnosis alergi susu sapi maka pilihkan susu kedelai dengan kandungan gizi yang lengkap.

 

Memastikan bayi dengan kulit sensitif menggunakan perlengkapan yang tepat, adalah sebuah kewajiban. Makanya, menentukan produk yang aman saat beli perlengkapan bayi merupakan keharusan. Anda tentu tak mau ambil resiko membuat si kecil rewel karena iritasi kulit bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *